Hujan di Beranda

Hujan di Beranda

Rabu, 27 April 2011

Mencicil Seserahan

Oke, sebelum saya menceritakan konsep ini. Terlebih dahulu, saya ingin memberitahukan bahwa konsep 'Mencicil Seserahan' ini adalah murni hasil kematangan pemikiran sahabat saya Ajeng Sekar Tanjung. Saya kasih link blog-nya agar tidak tertuduh mencuri hak kekayaan intelektual milik orang lain.. :P


Konsep 'Mencicil Seserahan' ini sendiri dapat diterapkan jika Anda sudah mempunyai pacar dan sepakat untuk berjalan bersama kearah yang lebih serius. Ataupun yang belum punya pacar tapi merencanakan untuk secepatnya menikah. Apapun itu, semua bisa menerapkannya jika niat.. :D

Begini,
Mengingat, Bahwa segala sesuatu yang direncanakan secara matang dan terorganisir akan mengeluarkan benefit yang lebih baik.
Menimbang, Bahwa harga-harga kebutuhan baik pokok maupun kebutuhan sampingan makin lama makin mahal.
Memutuskan, Bahwa Konsep 'Mencicil Seserahan' itu tidak ada salahnya sama sekali bahkan sangat masuk diakal bagi saya
Maka, saya menjalankan itu dan saya juga berniat membagi kepada yang lain, semoga bermanfaat bagi yang lainnya. :)

Konsep 'Mencicil Seserahan', kenapa ada kata 'Mencicil'?
Sebenarnya yang dimaksud dengan 'Mencicil' disini bukan berarti menghutang. Namun lebih ditekankan kepada pengumpulan secara bertahap.
Jadi, 'Mencicil Seserahan' itu seperti pengumpulan barang-barang yang akan dijadikan seserahan dari pria ke  wanita secara bertahap.

Make sense-nya begini, ketika Anda (Pria) akan melamar kekasih Anda, otomatis Anda harus memberi seserahan kepada calon mempelai wanita. Kalo proses membeli seserahannya dilakukan beberapa bulan sebelumnya, belum lagi terpotong waktu kerja, terpotong waktu tidur, terpotong waktu bersosialisasi, dan juga pastinya akan terkendala masalah pilihan, tempat membeli dan juga harga.

So, tidak ada salahnya kan jika seserahan itu sendiri dicicil dari sekarang? Yah, walaupun tidak semuanya juga yang bisa dibeli saat ini mengingat umur barang dan lain-lainnya. Tapi, dengan banyaknya waktu yang tersisa menjelang hari lamaran Anda (misalnya Anda berencana menikah 2 tahun lagi) otomatis Anda dan pasangan sendiri mempunyai banyak waktu bukan untuk memilih barang-barang yang layak dan pantas?


Seperti saya saat ini, ketika kekasih saya memutuskan untuk berangkat umroh. Saya bahkan tidak berharap adanya oleh-oleh untuk saya, namun saya lebih menekankan untuk mulai mengumpulkan barang-barang yang akan menjadi seserahan dya ke saya.
Yah, saya menitip sajadah. Menurut rekomendasi teman saya, saya arahkan pacar saya untuk membeli sejadah di Madinah. Bukan di Turki, bukan di Jeddah ataupun Mekah. Toh, sejadah merupakan barang yang tidak lekang oleh zaman. Dipakai 2 tahun lagi pun, sejadah itu tetap hits dengan modelnya itu.

Baik, sekarang mari kita urutkan beberapa items yang sering ada di seserahan dan bisa dicicil mengumpulkannya dari sekarang :

Pertama, Sejadah dan Peralatan Shalat (Bagi Muslim)
Seperti yang saya bilang, Hal yang berbau dengan agama seperti itu seringkali tidak terlalu mengikuti trend yang ada. Jadi, bisa Anda cicil dari sekarang, walaupun model sudah berubah di luaran. Lebih baik lagi, jika mempunyai kesempatan ke tanah suci atau orang terdekat pergi ke tanah suci. Titip deh items itu untuk Anda.

Kedua, Kain-kain adat
Percaya atau tidak, Anda akan mengenal membeli ini. Apalagi yang akan dipersunting itu masih kental adatnya. Pembelian kain adat juga bisa dicicil dari sekarang, mengingat tidak semua kain adat murah loh! Berhubung saya orang Palembang yang besar di Bandar Lampung, kain adat saya kain songket. Itu wajib ada di seserahan saya. U Know berapa harga kain songket palembang? Bervariasi. Dan untuk yang paling bagus, Jenis 'Songket Emas Jantung' itu dihargakan dengan kisaran 40 juta rupiah! Karena benang di kain itu sendiri memang terdiri dari lapisan-lapisan emas. WOW kan? Atau untuk kain Tapis (Kain adat Lampung) itu dijual dengan kisaran 5 juta keatas untuk yang bagusnya. Setiap kain adat ada kasta-nya dan semakin tinggi kasta-nya semakin mahal. Kalo Anda disitu mau melamar, disitu mau membeli kain ini. Bisa dibayangkan pengeluaran akan menjadi dua kali lipat? :))


Ketiga, Sprei dan Bed Cover
Items wajib bisa dibilang untuk membina rumah tangga baru. Tidak ada salahnya juga dicicil dari sekarang. Ini juga items yang 'tetap aman' dengan perkembangan zaman.


Keempat, Emas dan aksesoris wanita
Percaya atau tidak, harga emas itu tidak pernah turun! Kalo stabil mungkin pernah, namun selalu dan selalu naik. Tanya deh penjual emas, berhubung di kantor saya ada ahli-nya tentang per-emas-an. Maka itu saya tahu. Items ini juga saya sarankan untuk cepat membelinya, tapi juga jangan membelinya secara terburu-buru. Cara membeli emas yang paling baik adalah pantau harga emas selama beberapa hari atau minggu. Ketika Anda mendapati harga kemarin tidak berbeda dengan harga hari ini. Belilah.. Karna jika 2 tahun lagi Anda membelinya, harga 1 gram emas bisa menjadi dua kali lipat dari harga di tahun ini.
Tapi, untuk items berlian atau yang lainnya. Memang tidak sebegitu labil sih. Tapi kalau dicicil dari sekarang juga melegakan loh. :)

Kelima, Tas, Sepatu, dll
Ini tidak harus dicicil sekarang, mengingat mode sering berubah. Jika ingin membelinya, belilah yang modelnya memang standart. Masukan saya, gaya klasik tetap 'in' sampai kapanpun. Dan warna netral seperti hitam, putih, coklat, cream dan abu-abu adalah warna yang aman sampai kapanpun.

Keenam, Baju-baju dan dalaman
Ini sih, nanti aja. Beneran! Beberapa bulan ataupun satu bulan sebelum acara.

Ketujuh, Make Up
Yess! Ini penting dan ada di setiap seserahan. Seperti juga baju dan dalaman, membeli make up bisa dibeli terakhir-terakhir dan mendekati acara saja. Karena make up juga mempunyai tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa. Kan gawat kalo beli make up-nya sekarang untuk dipake 2 tahun lagi? Bisa melepuh nanti kulitnya.

Sebenarnya, masih banyak lagi items yang bisa dipersiapkan. Tadi itu cuma sedikit masukan dari saya saja.

Dengan banyaknya waktu yang tersisa antara Anda dan pasangan (contoh, saya dan pacar yang sepakat menikah 2 tahun lagi), otomatis banyak waktu untuk membeli dan memilih seserahan mana yang terbaik untuk kami. Dan banyak tempat juga yang bisa kami kunjungi dalam rangka hunting seserahan karena tidak kepepet sama waktu.

Ayo, kita mencicil masa depan dari sekarang. Kalau melihat sesuatu yang bagus dan pantas ada baiknya dibeli untuk persiapan yang akan datang!! :)

Untuk para wanita, proses pembelian seserahan tidak harus pria yang memilih dan membeli. Dengan perjanjian terlebih dahulu antara kalian, bisa juga koq wanita-nya membeli duluan jika melihat barang yang bagus tersebut. Habis itu bon-nya langsung kasih ke pria-nya biar diganti.. Hehehehe..

Ps. Pacar saya semangat sekali dengan konsep ini. Waktu dya umroh, saya nitipnya sajadah dan jilbab. Eh, dya-nya barusan mengaku bahwa sudah membeli bed cover segala. Jauh aja beli bed cover ke Arab. :))

4 komentar:

ajeng sekar tanjung mengatakan...

perlu digaris bawahi itu mencicil.. bukan merampok pasangan ya teman-teman.. hahahahaha..

Luthfi mengatakan...

hoo jadi 2 tahun lagi ya? Amiin. InsyAlloh. hehehe.
Poin kelima ampe ketujuh ga usah di cicil lah. suruh aja si abang yang beliin :P

NADYA RATNA SARI mengatakan...

@ Ajeng : HAHAHAHA...
Meminta seserahan kan sesuai keikhlasan, ga merampok koq.. :p

@ Luthfi : Amien, makasih do'anya.. :) Iya, yah yang poin ke 5-7 emang ga perlu dicicil, tapi perlu dipersiapkan.. Ga mau, biar aku aja yg belinya, cowo mana tau membeli begituan.. Fresh money aja suntikkan.. :P

Andini Islamita mengatakan...

Brati kalo masih 2 taun lagi bisa aja ya nyicil2 seserahan gitu ?